Hari ini (Rabu, 9 Mei 2018) bertempat di halaman Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Pacitan telah diselenggarakan penyerahan lomba perpustakaan tingkat desa/kelurahan se-Kab. Pacitan. Penghargaan tersebut berupa tropi piala, piagam penghargaan dan sejumlah dana pembinaan perpustakaan. Lomba tersebut diselenggarakan pada awal bulan Mei 2018, yang telah diikuti oleh 166 Desa dan 5 Kelurahan (171 peserta) sesuai yang disampaikan oleh Bapak Tardi selaku Ketua Penyelenggara.
Warito, SH selaku Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan dan Tardi, S. Sos, MM selaku Sekretaris Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan menyampaikan bahwa lomba ini diadakan sebagai agenda tahunan yang bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan serta menumbuhkan budaya gemar membaca yang harus dimulai sejak dini, dan kita sebagai masyarakat juga mempunyai tanggung jawab dalam meningkatkan budaya membaca, serta berharap kepada Pemerintah agar anggaran untuk perpustakaan lebih dioptimalkan dalam hal pembinaan dan pengelolaan terhadap perpustakaan, seperti halnya dalam kelengkapan sarana dan prasarana misalnya arena permainan anak, taman baca, dan lain-lain.
Ada 3 komponen yang dinilai dalam lomba perpustakaan tingkat desa/kelurahan se-Kab. Pacitan, yakni :
1. Sarana dan Prasarana Perpustakaan
2. Administrasi Perpustakaan
3. Inovasi dan Kreativitas Perpustakaan
Berdasarkan dari penilaian di atas, Team Penilai Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan telah memberikan keputusan Desa/Kelurahan mana saja yang berhak menyandang predikat Juara I, Juara II, dan Juara III.
Adapun susunan kejuaraan lomba Perpustakaan tingkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Pacitan adalah sebagai berikut :
1. Juara I diperoleh Desa Nanggungan Kecamatan Pacitan (Pustaka “ Karya Cendekia”), diwakili oleh Kades Mulyanto.
2. Juara II diperoleh Desa Bandar Kecamatan Bandar (Pustaka “Maju Lancar”), diwakili oleh Kades Syarifuddin.
3. Juara III diperoleh Desa Pagutan Kecamatan Arjosari (Pustaka “Asri”), diwakili oleh Kades Supriyono.
Dalam kesempatan ini, para pemenang juga menyampaikan harapannya masing-masing tentang perpustakaan di masa yang akan datang. Mulyanto selaku Kades dari Desa Nanggungan Kecamatan Pacitan berharap agar ke depannya perpustakaan di Desa Nanggungan lebih maju dengan lebih mengoptimalkan pengalokasian anggaran untuk perpustakaan terutama terkait tentang sarana dan prasarana. Syarifuddin selaku Kades dari Desa Bandar Kecamatan Bandar berharap agar perpustakaan nantinya lebih maju dan mampu untuk menarik masyarakat dalam menumbuhkan minat membaca dengan memperbanyak buku bacaan yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan, mengingat Desa Bandar mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Dan terakhir, Supriyono selaku Kades dari Desa Pagutan Kecamatan Arjosari berharap agar perpustakaan ke depannya dalam menyediakan fasilitas anak semakin diperluas untuk memenuhi kebutuhan anak sehingga mampu meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap perpustakaan.
Desa Nanggungan sebagai peraih Juara I tingkat Kabupaten Pacitan tahun 2018, mewakili Kabupaten Pacitan untuk mengikuti lomba perpustakaan ke tingkat Propinsi. Pada tanggal 7 Mei 2018 di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur (Gedung Graha Pustaka Surabaya), pustaka “Karya Cendekia” melakukan presentasi sebagai salah satu kegiatan lomba perpustakaan tingkat Propinsi. Dalam perlombaan tersebut, Kabupaten Pacitan berhasil meraih nominasi 10 besar dari 38 Kabupaten/Kota se-Propinsi Jawa Timur.
Pada tanggal 12 Mei 2018 pekan ini, Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur akan melaksanakan kegiatan Visitasi ke pustaka “Karya Cendekia” Desa Nanggungan Kecamatan Pacitan.

(ryn/aap/iy/ Dinas Perpustakaan Daerah Kab. Pacitan)