::: Pacitan News Online :::
 
 
 
  Mon, 1 May 2017
 
 

Untitled Document
CARI BERITA

Masukkan kata :

ARSIP BERITA

Mei, 2017

April, 2017

Maret, 2017

Februari, 2017

Januari, 2017

Desember, 2016

November, 2016

Oktober, 2016

September, 2016

Agustus, 2016

Juli, 2016

Juni, 2016


Disponsori oleh :




Halaman Berita


Pacitan


[ 28/10/2016, 03:49 WIB ]
Cucu Panglima Besar Serahkan Replika Tandu Jenderal Soedirman


 
Peringatan hari Sumpah Pemuda ke 88 tahun 2016 di Kabupaten Pacitan berlangsung spesial. Pasalnya, dalam upacara bendera yang berlangsung, Jumat (28/10) di halaman pendopo kabupaten, terdapat tamu kehormatan salah satu cucu dari panglima besar Jenderal Soedirman, Ir. Dr. H. Bagiakso
Kehadiran cucu tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia itu untuk menyerahkan replika tandu Jenderal Soedirman kepada Kabupaten Pacitan untuk kegiatan napak tilas gerilya Jenderal Soedirman di Pacitan.  Kegiatan ini sendiri merupakan agenda dua tahunan yang dimotori oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan.

Serah terima replika tandu Jenderal Soedirman dilakukan usai pelaksanaan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda langsung dari Ir. Dr. H. Bagiakso sebagai direktur utama yayasan Jenderal Soedirman center kepada Bupati Pacitan Indartato atas nama pemerintah Kabupaten Pacitan. Selanjutnya Bupati menyerahkan replika tandu tersebut kepada KNPI untuk selanjutnya digunakan untuk kegiatan napak tilas yang akan berlangsung mulai tanggal 7 hingga 10 Nopember mendatang.

Napak tilas gerilya Jenderal Soedirman sendiri akan menempuh jarak kurang lebih 97 km dari Desa Klepu Kecamatan Sudimoro. Perjalanan napak tilas berlangsung estafet selama 4 hari melalui medan yang sama persis ketika Pak Dirman memimpin perjuangan gerilya di Pacitan. Perjalanan  akan finish di monumen sejarah Panglima Besar Jenderal soedirman, di Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan tepat saat peringatan hari Pahlawan 10 Nopember.

Seperti diketahui, perjuangan panjang Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya berada di Pacitan. Dibumi Seribu Satu Goa ini Pak Dirman memimpin gerilya melawan penjajah selama 107 hari. Sebagai bentuk apresiasi di bukit Gandrung  Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan telah dibangun monumen sejarah Panglima Besar Jenderal Soedirman dengan megah.

Peringatan hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Pacitan juga dirangkaikan dengan hari jadi Provinsi Jawa Timur.Dalam kesempatan itu pula disampaikan sejumlah prestasi kabupaten Pacitan yang beberapa waktu lalu diserahkan Gubernur Jatim Soekarwo.(Riz)

 
 
 
Powered by PDE Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Berita adalah properti kontributor, kami tidak bertanggung jawab atas isi berita yang ada dalam situs ini.
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+