::: Pacitan News Online :::
 
 
 
  Fri, 20 January 2017
 
 

Untitled Document
CARI BERITA

Masukkan kata :

ARSIP BERITA

Januari, 2017

Desember, 2016

November, 2016

Oktober, 2016

September, 2016

Agustus, 2016

Juli, 2016

Juni, 2016

Mei, 2016

April, 2016

Maret, 2016

Februari, 2016


Disponsori oleh :




Halaman Berita


Pacitan


[ 11/01/2017, 03:09 WIB ]
Kasi Jalan BPJ: Permukaaan Tebing Tidak Stabil Pemicu Longsor Ruas Desa Ngreco


 
Longsor yang kerap terjadi di ruas Tegalombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan nampaknya masih akan berlangsung lama. Jalur yang menghubungkan Pacitan-Ponorogo itu masih memungkinkan longsor karena kondisi tanah tebing yang belum stabil
Seperti disampaikan Kasi jalan Badan Pemeliharaan Jalan (BPJ) Jatim Budi Hari Santosa, kontur tanah di wilayah tersebut didominasi butiran bebatuan. Sehingga, jika tanah mengalami rekahan dan teraliri air, rentan guntur. Terlebih, menurut Budi, awal proses pelebaran jalan diwilayah Tegalombo dibeberapa titik menggunakan tekhnik peledakan.

\'Karena kuatnya getaran akibat ledakan, tanah disekitar bergerak sehingga menjadi tidak stabil. Ditambah, intensitas hujan beberapa waktu terakhir cukup tinggi,\' Katanya.

Keterangan itu disampaikanya menjawab pertanyaan masyarakat dalam program acara spirit pagi di Radio Suara Pacitan, Rabu (11/01). Warga berharap, peristiwa tahunan itu segera tertangani. Mereka beralasan, jalur tersebut sangat vital karena menjadi akses utama yang menghubungkan Pacitan-Ponorogo.

Budi Hari Santosa menambahkan, kondisi seperti ini sebenarnya sudah dipridiksi sebelumnya. Dan masih mungkin terjadi hingga beberapa tahun kedepan. Guntur atau longsor akan berhenti jika sudah sampi ke posisi tanah yang sudah mapan.

Seperti diketahui, jalur Pacitan-Ponorogo ruas Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo menjadi titik paling sering terjadi longsor. Selain longsor ukuran sedang juga longsor besar. Bahkan, ada yang sampai menutup badan jalan. Sebagai antisipasi pihak BPJ telah menyiapkan dua alat berat yang ditempatkan di Desa Gedangan dan Desa Ngreco jika sewaktu waktu terjadi longsor. (Riz)

 
 
 
Powered by PDE Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Berita adalah properti kontributor, kami tidak bertanggung jawab atas isi berita yang ada dalam situs ini.
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+