::: Pacitan News Online :::
 
 
 
  Mon, 1 May 2017
 
 

Untitled Document
CARI BERITA

Masukkan kata :

ARSIP BERITA

Mei, 2017

April, 2017

Maret, 2017

Februari, 2017

Januari, 2017

Desember, 2016

November, 2016

Oktober, 2016

September, 2016

Agustus, 2016

Juli, 2016

Juni, 2016


Disponsori oleh :




Halaman Berita


Pacitan


[ 15/02/2017, 08:05 WIB ]
Realisasikan Program Smart School, Pacitan Siap Laksanakan UNBK 100 Persen


 
Sudimoro - Kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi prioritas pemerintah. Kabupaten Pacitan sendiri memiliki banyak terobosan. Salah satunya menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia layanan internet. Ini seperti diterapkan SMKN 1 Sudimoro bersama PT Telkom. Program yang dikemas dengan sebutan SMART SCHOOL diresmikan Bupati Indartato, Rabu (15/2/2017) pagi.
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Pacitan, Kardoyo mengatakan pihaknya menargetkan pelaksanaan UNBK tahun 2017 dapat terealisasi 100 persen. Tentu saja, model kerjasama melalui program Smart School diharapkan membantu penyediaan akses internet secara memadai sehingga memperlancar pelaksanaan UNBK. Tidak itu saja, lanjut mantan Kabag Humas pemkab, masyarakat sekitar sekolah diharapkan ikut mengenyam manfaatnya.

``Alhamdulillah rintisan ini (smart school) kemarin kita sudah cek dengan melakukan simulasi UNBK di SMKN 1 Sudimoro ini lancar,`` terangnya saat dialog Spirit Pagi Radio Suara Pacitan, Rabu pagi.

Kardoyo menjelaskan, soal-soal UNBK semua berasal dari pemerintah pusat. Distribusinya dilakukan langsung ke sekolah menggunakan akses teknologi informasi. Peserta ujian yang duduk di dalam kelas kemudian memberikan jawaban melalui halaman isian di layar komputer yang tersedia. Lembar jawaban maya tersebut lalu dikumpulkan di komputer server sebelum akhirnya dikirim kembali ke pemerintah pusat.

Diakuinya belum seluruh sekolah di Kabupaten Pacitan menjadi sasaran program Smart School. Prioritasnya adalah lembaga pendidikan yang belum terlayani sinyal internet. Hanya saja, ke depan model kerjasama tersebut akan terus berkembang hingga menjangkau seluruh sekolah yang membutuhkan.

Kerjasama serupa juga dilakukan dua SLTA di Kabupaten Pacitan. Yakni SMAN Nawangan dan SMAN Tulakan. Penandatangan dilakukan bersamaan peresmian di SMKN 1 Sudimoro. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Pelayanan Internet Pemerintah Kabupaten Pacitan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Widy Sumardji.

Bupati Pacitan Indartato saat peresmian mengharapkan sarana yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan baik. Orang nomor satu di Kota 1001 Gua itu juga menyambut baik terjalinnya kerjasama antara sekolah dengan pihak ketiga. Terlebih muaranya adalah peningkatan mutu pendidikan dimulai dengan pelaksanaan UNBK di seluruh SLTA.

Menurut Pak In, dunia masa kini menuntut kecepatan serta kemudahan akses di segala bidang, termasuk di sektor pendidikan. Program ini diharapkan berkesinambungan dan berkembang pada bidang lain sehingga berdampak langsung pada peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Pacitan.

``Kesejahteraan masyarakat dimulai dari pendidikan yang baik. Oleh karena itu saya berharap program ini dapat dilanjutkan sebagai bentuk penyediaan sarana pembelajaran bagi para siswa,`` ujar Pak In seraya menyebut Pacitan masih kekurangan tenaga guru.

Bupati minta kerjasama semacam itu dikembangkan di sekolah lain. Bukan hanya di tingkat SMA/SMK nampun juga tingkat SLTP. Karenanya dalam waktu dekat Pemerintah Daerah melalui Diskominfo akan mengundang para kepala sekolah ke Pendopo Kabupaten guna membahas tindak lanjut agenda tersebut.

``Dalam hal kewenangan memang lembaga pendidikan setingkat SMA/SMK berada di bawah Pemerintah Provinsi. Namun karena yang dididik adalah putra-putri kita, maka pemerintah daerah tetap peduli pada upaya peningkatan kualitas pendidikan bagi mereka,`` pungkasnya.

 
 
 
Powered by PDE Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Berita adalah properti kontributor, kami tidak bertanggung jawab atas isi berita yang ada dalam situs ini.
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+