::: Pacitan News Online :::
 
 
 
  Mon, 1 May 2017
 
 

Untitled Document
CARI BERITA

Masukkan kata :

ARSIP BERITA

Mei, 2017

April, 2017

Maret, 2017

Februari, 2017

Januari, 2017

Desember, 2016

November, 2016

Oktober, 2016

September, 2016

Agustus, 2016

Juli, 2016

Juni, 2016


Disponsori oleh :




Halaman Berita


Pacitan


[ 25/02/2017, 02:11 WIB ]
Tekan Harga Cabe, Pemkab Gerakkan Tanam di Pekarangan


 
Pacitan - Fenomena meroketnya harga cabai dipasaran yang menyentuh harga ratusan ribu rupiah disikapi sampai ke daerah. Yakni dengan gerakan Segera Tancap (Semua Gerak Tanam Cabai). Selain untuk mengurangi beban permintaan pasar, gerakan yang satu ini diharapkan juga dapat memenuhi kecukupan pangan keluarga.
``Terlebih dalam beberapa bulan kedepan Ramadhan akan tiba. Dan sesuai tradisi, permintaan akan kembali meningkat,`` kata Bupati Indartato saat mencanangkan gerakan Segera Tancap di Desa Nanggungan, Pacitan, Jumat (24/2/2017) pagi.

Segera Tancap merupakan sebuah gerakan dari pusat dan dicanangkan sejak bulan November 2016 lalu. Salah satu tujuan utamanya untuk menekan harga komoditas cabai yang tidak terkendali. Dimana saat ini harganya menyentuh angka Rp 135 ribu per kilogram.

Bupati Indartato usai mencanangkan kegiatan tersebut berharap program yang sudah ada dapat dilaksanakan terus menerus. Apalagi sejumlah daerah di Kabupaten Pacitan sudah terbukti sukses dengan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Nantinya, pelaksanaan program Segera Tancab dapat dipadukan dengan KRPL.

``Ini (Desa Nanggungan) hanya permulaan saja. Nantinya saya harapkan dapat dikembangkan ke seluruh wilayah kecamatan. Tentu saja dengan melibatkan banyak unsur, termasuk PKK dan Dharma Wanita,`` kata Pak In.

Ketua DPRD Ronny Wahyono yang juga hadir pada kegiatan tersebut mengungkapkan, jika kemudian hasilnya baik, dengan sendirinya, kebutuhan akan terpenuhi. Dampaknya permintaan terhadap pasar juga akan menyusut. Sebab sesuai hukum pasar,  stok barang sedikit maka harga akan naik.

``Hukum ekonomi akan berlaku. Dimana harga menyesuaikan dengan jumlah barang,`` ungkap dia.

Diharapkan gerakan tersebut diupayakan untuk dikembangkan ke semua wilayah. Tidak harus pada rumah tangga dengan pekarangan luas. Tetapi juga dapat dikembangkan pada lahan sempit dengan teknik penanaman tertentu. (dv/ps)

 
 
 
Powered by PDE Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Berita adalah properti kontributor, kami tidak bertanggung jawab atas isi berita yang ada dalam situs ini.
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+