Upacara Hari Keluarga Nasional ke-24 serta Hari Krida Pertanian dirangkaikan Hari Koperasi ke 70 di halaman pendopo, Senin (17/7/2017) pagi. (Foto: Enji Octavianing)

Pacitan – Pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap ketersediaan pangan. Ini bertujuan mewujudkan pembangunan keluarga bahagia dan sejahtera. Tidak hanya pangan, ketersedian sandang dan papan juga menjadi kunci utama selain penguatan mental spiritual.

“ Keluarga adalah pranata sosial pertama dan utama yang mengemban fungsi keluarga sebagai basis membangun tatanan kehidupan sosial”, ungkap Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo pada upacara Hari Keluarga Nasional ke 24 serta Hari Krida Pertanian dirangkaikan Hari Koperasi ke 70 di halaman pendopo, Senin (17/7/2017) pagi.

Membangun keluarga sejahtera, menurut Wabup, menjadi sangat penting. Karena, kesejahteraan keluarga menjadi penentu kualitas suatu bangsa. Untuk itu perhatian dan penguatan terhadap pertanian terus diberikan. Baik dengan melakukan pendampingan maupun pemberian bantuan alat-alat tekhnologi pertanian.

Kebijakan tersebut, lanjutnya, selaras dengan program pemerintah pusat dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Sejak tahun 2015 pemerintah telah mencanangkan program nasional peningkatan produksi pertanian.

Hal penting penting lain yang juga dibangun oleh Kabupaten Pacitan adalah keluarga berencana (KB) menuju keluarga sejahtera. Inovasi yang dibangun adalah membentuk Kampung KB yang berlokasi di Dusun Glonggong, Desa Belah, Kecamatan Donorojo.

“Tujuanya jelas yakni adanya akselerasi membentuk keluarga kecil sejahtera dan berkualitas utamanaya didaerah pinggiran,” papar Wabup di hadapan para peserta upacara berseragam Korpri. (riz/ps)