BUDAYAKAN MAKAN IKAN: Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Pacitan Luki Indartato membuka sosialisasi Gemarikan di Pendopo Kabupaten, Rabu (9/8/2017) pagi. (Foto: Rizky M/RSP)

Pacitan РPemerintah Kabupaten Pacitan terus mendorong orang tua membudayakan gemar makan ikan kepada anak. Ini dilakukan agar konsumsi masyarakat terus meningkat. Sekretaris Daerah Suko Wiyono berharap orang tua membiasakan menyediakan lauk keluarga dengan ikan. Selain harganya relatif murah, ikan laut atau ikan air tawar sangat baik untuk kesehatan. Terlebih untuk perkembangan fisik maupun kecerdasan anak.

“Saya minta bapak ibu orang tua membudayakan gemar makan untuk anak-anak karena itu sangat baik bagi tumbuh kembang,” kata Suko Wiyono saat sosialisasi Gemar Makan Ikan di Pendopo Kabupaten, Rabu (9/8/2017) pagi.

Menurut Suko Wiyono, tidak ada alasan masyarakat Pacitan tidak mengonsumsi ikan. Ini karena potensi ikan di kota berjuluk Seribu Satu Gua ini luar biasa. Selain merupakan daerah pesisir dengan potensi ikan tangkapnya, budidaya ikan tawar di Pacitan juga melimpah. Oleh sebab itu gemar makan ikan harus menjadi budaya bagi masyarakat.

“Jadi sekali lagi membudayakan makan ikan ini sangat penting,” tambah Sekda.

Sosialisasi Gemar Makan Ikan juga dimeriahkan lomba mewarnai serta lomba gerak dan lagu berthema Gemar Makan Ikan. Kegiatan diikuti 480 peserta siswa SD perwakilan 12 kecamatan. Kegiatan ini selan bertujuan menumbuhkan kesadaran mengonsumsi ikan sejak dini, juga dimaksudkan memberi ruang lebih luas bagi anak-anak berkreasi di bidang seni budaya.

Sesuai data 2016 angka konsumsi ikan masyarakat Pacitan mencapai 16,26 kg/kapita setiap tahun. Jauh meningkat dibanding 5-6 tahun kebelakang yang baru mencapai 10 Kg/kapita per tahun.Guna merangsang minat mengkonsumsi ikan pada anak-anak dibutuhkan inovasi. Salah satunya dengan menganekaragamkan menu makanan berbahan dasar ikan. Sehingga minat anak-anak akan bertambah. (RSP/Riz/Jeng/PS)