Siswa sekolah juga punya hak untuk memberikan masukan terhadap layanan pendidikan yang mereka terima. Siswa sekolah bisa mendorong perbaikan layanan sekolah melalui tulisan atau berita. Berita dan tulisan siswa ini bisa dipublikasikan dengan menggunakan majalah dinding sekolah, media sosial, media online, dan website sekolah.
Sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat dan mempublikasikan tulisan tentang layanan sekolah, Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Kinerja ADB menyelenggarakan Pelatihan Jurnalisme Siswa. Kegiatan Jurnalisme Siswa ini diikuti oleh 19 sekolah mitra replikasi se-kabupaten Pacitan. Setiap sekolah mengirimkan peserta sebanyak 2 orang siswa dan 1 orang guru pendamping.

Kegiatan pelatihan Jurnalis Siswa ini dilaksanakan selama 2 hari. Bertempat di Gedung Karya Dharma Kabupaten Pacitan. Dari pelatihan ini diharapkan akan menumbuhkan minat siswa – siswi untuk menekuni dunia Jurnalistik.
“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan bakat, minat, dan keterampilan siswa terkait dengan dunia jurnalistik.” Ucap Anang Sukanto dari perwakilan KINERJA ADB.
Senada dengan Anang, peserta pelatihan juga terlihat antusias mengikuti pelatihan ini. Sesekali terlontar pertanyaan dari peserta pelatihan untuk menegaskan materi yang disampaikan narasumber.
Dwi Yoga, salah satu peserta dari SMPN 1 Kebonagung merasa sangat senang sekali bisa mendapatkan ilmu jurnalistik dari pelatihan Jurnalis Siswa ini. Peserta bisa langsung belajar dari narasumber Yayan Sakti Suryandaru Ketua Departemen Komunikasi Unair dan Agus Hariyanto Redaktur www.sindopos.com.
“Dari pelatihan ini saya berharap akan bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan saya terkait jurnalistik” ungkap Yoga disela-sela pelatihan.