Pacitan – Dihelat selama 3 malam (4,5,6/09/2017) agenda tahunan Festival Rontek Pacitan 2017 diikuti 36 tim. Mereka adalah perwakilan 11 kecamatan dan 25 peserta dari desa/kelurahan se-Kecamatan Pacitan.

Menurut Marwan, Ketua Panitia Festival Rontek Pacitan 2017, hadirnya para pimpinan daerah dari kabupaten tetangga bertujuan mengenalkan gelaran Festifal Rontek Pacitan. Ini sekaligus menjajaki kemungkinan event ini mengikutsertakan partisipan dari luar daerah.

“Kita ingin seni rontek dan festival ini dikenal luas, tidak hanya lokal namun juga nasional,” ujar Marwan di Program Spirit Pagi RSP, Senin (4/9/2017) pagi.

Masih menurut Marwan, hajatan akbar Festival Rontek Pacitan 2017 akan menjadi ajang promosi mengenalkan Pacitan. Tidak hanya itu, perpaduan rampak musik bambu dengan gamelan ini diharapkan dapat dikenal sebagai kesenian khas Pacitan.

Selain para Bupati dari daerah tetangga, Festival Rontek Pacitan 2017 juga dihadiri para penggiat pariwisata di Jawa Timur. Rute Rrontek ini akan menempuh jarak kurang lebih 1 km dengan start titik O Kilometer, jl Ahmad Yani dan berakhir di Jl Jenderal Sudirman, timur Gedung PLUT.

Kriteria penilaian meliputi gagasan/ide, penggarapan medium, kemampuan peraga, dan totalitas penyajian. Dari penilaian tersebut akan diambil kategori 5 penyaji terbaik non ranking, 3 penata musik terbaik non ranking, serta 1 pelestari budaya. (RSP/Riz/PS)