Pacitan – Hingga 4 hari pasca bencana banjir dan tanah longsor tercatat 20 korban jiwa. Dari jumlah itu 10 korban telah diketemukan sedangkan 10 lainnya masih dalam pencarian. Demikian pernyataan resmi Komando Penanganan Darurat Bencana yang disampaikan Ketua Pusat Tanggap Darurat PRCPB, Letkol Kav A H. Lawitang, Jumat (01/12).

Komandan Kodim 0801 Pacitan itu menyampaikan, dari 20 korban jiwa, 6 diantaranya adalah korban banjir sedangkan 14 korban tanah longsor. 10 korban jiwa yang sampai saat ini belum diketemukan terdiri dari 1 korban banjir dan 9 korban tanah longsor.

“Kita akan terus melanjutkan pencarian disisa waktu yang tinggal 3 hari operasi tanggap darurat,” Kata Dandim.

Untuk upaya lebih lanjut tegas Dandim, pihaknya akan memfokuskan penanganan pengamanan terhadap warga masyarakat yang masih tinggal diresiko paparan bencana longsor. Terutama yang berada di pegunungan. Langkah lain adalah pencarian korban yang belum diketemukan serta penanganan pengungsi. Meliputi, masalah kesehatan, makan dan logistik. Pun demikian untuk keluar masuk bantuan agar dikelola satu pintu agar mempermudah pendistribusian.

Hingga berita ini disusun masyarakat korban bencana alam masih tinggal di pengungsian. Terdapat kurang lebih 2050 pengungsi yang menempati posko posko pengungsian. 978 orang tercatat pengungsi usia dewasa sedangkan sisanya anak anak. (Rizky)