KUNJUNGAN SEKOLAH-SEKOLAH KE DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN PACITAN

DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN

 

                Sejak hari Kamis (30 Agustus 2018), Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan menerima banyak kunjungan dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Pacitan dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan yang akan jatuh pada 14 September 2018.

Sampai hari ini sudah ada setidaknya 11 sekolah yang sudah datang berkunjung, antara lain TK Aisyah Bustanul Atfhal Baleharjo, TK Siti Patmirah Pucangsewu, SDN Baleharjo I, SDN Baleharjo II,  SMKN 2 Pacitan, TK Muslimat Pacitan, MTs Pacitan, SDN Pacitan, dan hari ini (10 September 2018) telah datang berkunjung TK Bhayangkari, TK Negeri Pembina, TP Tunas Karya Nanggungan sebanyak 350 siswa.

Hari Kunjung ini ditujukan untuk memperkenalkan anak-anak dengan perpustakaan, dimana nantinya diharapkan anak-anak akan terbiasa dengan Perpustakaan. Dan menanamkan pemikiran kepada mereka bahwa perpustakaan itu asyik, nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi. Dengan menanamkan pemikiran tersebut diharapkan akan meningkatkan minat kunjung perpustakaan dan minat baca anak-anak sejak usia dini.

Sambutan-sambutan diberikan oleh Joko Wahyudi, S.Sos, M.Pd (Kasi Layanan dan Otomasi Dinas Perpustakaan Pacitan) dan Drs. Nurhadi (Kabid Pembinaan Dinas Perpustakaan Pacitan).

Joko Wahyudi, S.Sos, M.Pd  menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak sekolah-sekolah dan para orang tua murid yang berkenan mengantarkan putra putrinya untuk datang berkunjung ke Perpustakaan serta mendatangi Bazar Diva Press yang diadakan di halaman Perpustakaan Pacitan. Selain itu beliau menjelaskan beberapa informasi penting mengenai Layanan Perpustakaan Kabupaten Pacitan, termasuk jadwal layanan dan fasilitas-fasilitas yang ada seperti jumlah buku koleksi yang bisa dipinjam, dan adanya ruang anak. Beliau menghimbau agar mereka untuk lebih sering datang berkunjung ke Perpustakaan Daerah Pacitan karena semua layanan dihadirkan oleh pemerintah agar dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Drs. Nurhadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perpusda sudah berusaha untuk memperbaiki fasilitas dan pelayanan demi masyarakat, agar bermanfaat lebih maksimal. Dalam kesempatan itu pula, beliau menyampaikan pentingnya manfaat melestarikan budaya gemar membaca dan berkunjung ke Perpustakaan, karena dewasa ini tidak dapat dihindari kemajuan teknologi utamanya HP. Drs. Nurhadi menghimbau agar para orang tua mampu dengan bijak memilah dan memilih berita-berita yang ada di media sosial.

“Janganlah ini menjadi akhir, hendaklah ini menjadi awal bagi Panjenengan dan anak-anak untuk datang berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan. Kami juga memberikan layanan ke Desa-desa maupun ke sekolah dalam bentuk mobil Perpustakaan Keliling. Berkaitan dengan Bazar Diva Press di halaman Perpusda, monggo silahkan datang kesini untuk melihat-lihat dan membeli buku murah yang ada di Bazar. Bazar ini dibuka sampai pada tanggal 17 September 2018 mendatang. Monggo dimanfaatkan betul-betul moment ini”, lanjut Drs. Nurhadi di depan para murid, guru dan orang tua murid di ruang layanan Dinas Perpustakaan Pacitan. (Penulis : Ryn Surya, Pict by : Nisha/ Dinas Perpustakaan Pacitan/Diskominfo Pacitan)