PELAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN PACITAN

Bidang Layanan dan Koleksi Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan melaksanakan pelayanan perpustakaan keliling ke beberapa sekolah baik TK, SD, maupun SMK pada bulan Agustus 2018 ini.

Perpustakaan Keliling merupakan layanan yang diberikan di desa/kelurahan dan lembaga sekolah. Ini adalah strategi layanan jemput bola dalam rangka meningkatkan kegemaran membaca masyarakat dan siswa didik di seluruh wilayah kabupaten Pacitan. Program layanan perpustakaan keliling juga menyasar pada tempat-tempat terkonsentrasinya massa (alun-alun, pasar, acara-acara keramaian) dan destinasi wisata yang dilaksanakan pada hari libur.

Bulan Agustus kemarin, kami mengunjungi beberapa sekolah. Adapun sekolah-sekolah yang kami kunjungi adalah SD Gegeran Arjosari, SD Arjosari, SMKN 2 Nawangan, SDN Ketro I, SMPN 2 Ketro Kebonagung, SDN Wonogondo Kebonagung.

Daimah, S. Pd memberikan “sepatah dua patah kata” di depan anak-anak serta Bapak Ibu Guru sebagai dorongan untuk meningkatkan minat baca para siswa. Dalam kesempatan itu pula Beliau menghimbau kepada Bapak Ibu Guru untuk sewaktu-waktu mengajak siswanya berkunjung ke Dinas Perpustakaan Pacitan untuk mengenalkan kepada mereka bahwa Pacitan mempunyai Perpustakaan Daerah yang terbuka untuk umum dan sudah mempunyai fasilitas yang memadai seperti free WiFi, ruangan ber-AC, gedung yang bersih, buku bacaan yang sudah semakin banyak, dan sebentar lagi akan lebih dilengkapi dengan buku bacaan terbitan terbaru yang rata-rata dipesan berdasarkan permintaan (request) pengunjung.

Bersamaan dengan hal tersebut, Daimah, S.Pd (Kasi Koleksi) mewakili Bidang Layanan dan Koleksi Dinas Perpustakaan menyerahkan bantuan buku kepada masing-masing sekolah.

Di lain tempat, Edi Sukarni, S. Sos, M.Pd (Kabid Layanan dan Koleksi) dan Joko Wahyudi, S. Sos, M. Pd (Kasi Layanan dan Otomasi) mengutarakan hal yang sama saat mengunjungi sekolah-sekolah di atas. Apa yang disampaikan Bapak Edi dan Bapak Joko tidak beda jauh dengan yang disampaikan Ibu Daimah, karena memang sudah menjadi himbauan dari Kabid Layanan dan Koleksi untuk selalu mengajak warga sekolah lebih meningkatkan minat baca mereka.

Harapannya semoga buku bantuan yang telah diserahkan bermanfaat bagi seluruh warga sekolah. Terutama untuk sekolah yang terdampak banjir, seperti yang terjadi di SDN Arjosari. Seluruh buku yang ada di perpustakaan sekolahnya hancur dan sudah tidak bisa digunakan lagi. Ada pemandangan yang mengharukan kami, saat mengunjungi SDN Arjosari. Betapa antusiasnya anak-anak ketika Pusling kami datang. Anak-anak menyambut dengan riangnya dan mendekati mobil kami, tidak sabar untuk memilih buku yang akan mereka baca. Waktu istirahat digunakan mereka untuk membaca di sepanjang teras kelas dan di halaman sekolah dekat mobil Pusling. Hingga sampai waktu kami akan meneruskan kunjungan selanjutnya ke SMKN 2 Nawangan, kami tak sampai hati untuk meminta mereka mengembalikan buku di rak mobil Pusling, karena mereka masih asyik membaca buku. Seakan-akan mereka haus akan buku bacaan setelah perpustakaan mereka terkena banjir.

(Penulis: Ryn Surya/Video and Pict : Nisa & Ryn Surya/Dinas Perpustakaan Pacitan/Diskominfo Pacitan)