Puluhan kelompok takbir keliling dari berbagai sekolah, instansi pemerintah, dan kelompok masyarakat berpartisipasi pada gelaran malam takbiran Idul Fitri 1438 H. Mereka diberangkatkan Bupati Indartato bersama Wakil Bupati Yudi Sumbogo dari depan kantor bupati untuk selanjutnya menyusuri rute yang telah ditentukan, Sabtu (24/6/2017). “Ini menjadi kemenangan setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan. Dengan ukhuwah islamiyah kita dengungkan asma Allah SWT, ” ujar Bupati usai pemberangkatan.

takbir keliling pacitan

Setelah diberangkatkan para peserta kemudian menyusuri rute yang ditentukan. Yakni start Jalan Jaksa Agung Suprapto (depan halaman pendopo), Jalan Diponegoro, belok kiri arah perempatan Penceng. Selanjutnya peserta menyusuri Jalan Basuki Rahmad hingga pertigaan Pembangunan Grup dan belok kiri. Sampai di perempatan makam Giri Sampurno, peserta berbelok kekanan menyusuri jalan Veteran untuk selanjutnya finish di alun-alun Kota.

Peserta Gema Takbir sendiri terdiri tiga kelompok. Yakni kelompok A yang berisikan para pelajar, kelompok B ( desa/kelurahan di Kecamatan Pacitan), dan kelompok C berisi dinas maupun instansi.

Selama mengikuti kegiatan para peserta dilarang membawa petasan dan ronthek. Kecuali alat music pendukung takbir, misalnya rebana, seruling, bedug dan lainnya. Mereka juga diperbolehkan membawa mobil pick up untuk membawa peralatan pendukung. Diantaranya pengeras suara dan sound sistem. (arif/tarmuji/pranoto/humaspacitan)