::: Pacitan Online :::
 
 
 
 
 
Minggu, 23 April 2017 

      Menu Utama
 
Selayang Pandang  
Pemerintahan  
Kecamatan  
Sarana & Prasarana   
Sektor  
Pariwisata & Investasi
Produk Hukum  
Organisasi
Peraturan Daerah
 
 
       E-Mail Pemkab Pacitan
 
Login E-mail
 
       Hit Counter
 
817451
 
       Cuaca Hari Ini
 
cerah/berawan
cerah/berawan 22-32
 
       Pacitan Maps
   
      Link Cepat
 

Provinsi Jatim

TELECENTER

BUKU ELEKTRONIK

TP PKK Pacitan

DEPARTEMEN DALAM NEGERI R
 
      Situs Lain
 
      
 
      Organisasi
   
 
      
 


TUGAS POKOK DAN FUNGSI

(Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 19 Tahun 2007)

 

 

Bagian Keuangan  melaksanakan sebagian tugas Asisten Administrasi Umum di bidang perencanaan dan anggaran, perbendaharan, verifikasi dan pembukuan  serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asisten Administrasi Umum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Untuk melaksanakan tugas, Bagian Keuangan mempunyai fungsi :  

  1. Pengumpulan bahan penyusunan, perubahan anggaran;
  2. Pengelolaan administrasi keuangan sekretariat daerah;
  3. Pengujian kebenaran penagihan dan penertiban Surat Perintah Pembayaran Dana (SP2D), pemeriksaan keuangan dan membina perbendaharaan;

Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Pacitan terdiri dari :

1.       Sub Bagian Perencanaan dan Anggaran, mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan anggaran sekretariat daerah;
  2. Menyiapkan rencana, perubahan dan perhitungan anggaran sekretariat daerah;
  3. Menyusun petunjuk teknis pelaksanaan anggaran sekretariat daerah;
  4. Menyiapkan surat keputusan otorisasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Melaksanakan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan kegiatan perencanaan dan anggaran;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2.       Sub Bagian Perbendaharan, mempunyai tugas :

  1. Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kebijakan di bidang perbendaharaan;
  2. Menerbitkan SPM lingkup sekretariat;
  3. Menguji kebenaran penagihan dan menerbitan SPM;
  4. Meneliti dan menguji surat permintaan pembayaran dan permintaan gaji pensiun serta tunjangan lainnya lingkup sekretariat daerah;
  5. Memproses surat keputusan pemberhentian pembayaran;
  6. Menghimpun data gaji pegawai negeri sipil sesuai ketentuan yang berlaku dan menyusun laporan pelaksanaannya;
  7. Memberikan pertimbangan dan mengikuti pelaksanaan penyelesaian masalah-masalah perbendaharaan dan ganti rugi;
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3.       Sub Bagian Verifikasi dan Pembukuan mempunyai tugas :

  1. Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program di bidang verifikasi;
  2. Memeriksa, meneliti dan menilai surat pertanggungjawaban (SPJ) realisasi anggaran sekretariat daerah;
  3. Memberikan pembinaan teknis kepada bendaharawan lingkup sekretariat daerah;
  4. Menyusun permintaan atau teguran kepada bendaharawan yang tidak membuat laporan;
  5. Mencatat hasil pengesahan uang SPJ sekretariat daerah dan mengadakan pemeriksaan penelitian bukti penyetoran kembali sisa;
  6. Melakukan pembukuan secara sistematis dan kronologis mengenai penerimaan dan pengeluaran sekretariat daerah;
  7. Mengadakan penelitian terhadap buku penerimaan dan pengeluaran serta membuat nota pendapatan pemeriksaan buku kas untuk mengetahui posisi kas sekretariat daerah;
  8. Mengadakan evaluasi dan menyusun laporan realisasi sesuai ketentuan yang berlaku;
  9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 


Kembali

     
   
 
   

 

 

 
 
 
 
Powered by Pemkab Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+