::: Pacitan Online :::
 
 
 
 
 
Senin, 21 April 2014 

      Menu Utama
 
Selayang Pandang  
Pemerintahan  
Kecamatan  
Sarana & Prasarana   
Sektor  
Pariwisata & Investasi
Produk Hukum  
Organisasi
Peraturan Daerah
 
 
       E-Mail Pemkab Pacitan
 
Login E-mail
 
       Hit Counter
 
483267
 
       Cuaca Hari Ini
 
cerah/berawan
cerah/berawan 22-32
 
       Pacitan Maps
   
      Link Cepat
 

Provinsi Jatim

TELECENTER

PACITAN TOURISM

BUKU ELEKTRONIK

PETA ONLINE PSE 2005 PPLS/ RTS 2008

DEPARTEMEN DALAM NEGERI RI

PACITAN MENUJU GEOPARK

PACITAN TEMPO DOELOE

JURNAL BERITA

PACITAN YOGYES

TP PKK Pacitan

PACITAN TOURISM
 
      Situs Lain
 
      
 
      Organisasi
   
 
      
 


 

BERITA DAERAH

KABUPATEN PACITAN

NOMOR  33   TAHUN 2007

 



PERATURAN BUPATI PACITAN

NOMOR  48  TAHUN 2007

TENTANG

URAIAN TUGAS, FUNGSI DAN TATA KERJA

DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

KABUPATEN PACITAN

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

BUPATI  PACITAN

 

Menimbang      :      bahwa untuk melaksanakan ketentuan pasal 18 ayat (4) Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan nomor 20 tahun 2007 tentang Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Pacitan (Lembaran Daerah Kabupaten Pacitan Tahun 2007 Nomor 27 tanggal 10 Desember 2007) perlu menetapkan Peraturan Bupati tentang Uraian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pacitan.

 

Mengingat   :     1.   Undang-undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Propinsi Jawa Timur (Lembaran Negara Tahun 1950 Nomor 19, Tambahan Lembaran Negara Nomor 9);

2.        Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian (Lembaran Negara Tahun 1974 Nomor 55, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3041) sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 169, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3890);

3.        Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4437) sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2005 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 108, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4548);

4.        Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 165, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4593);

5.        Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Propinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota;

6.        Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Tahun 2007 Nomor 89, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4741);

7.        Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2007 tentang Petunjuk Teknis Penataan Organisasi Perangkat Daerah;

8.        Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 18 Tahun 2007 tentang Urusan Pemerintahan Kabupaten Pacitan (Lembaran Daerah Kabupaten Pacitan Tahun 2007 Nomor 25).

9.        Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 20 Tahun 2007 tentang Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Pacitan (Lembaran Daerah Kabupaten Pacitan Tahun 2007 Nomor 27).

 

M E M U T U S K A N

 

Menetapkan     :         PERATURAN BUPATI PACITAN TENTANG URAIAN TUGAS, FUNGSI  DAN TATA KERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL  KABUPATEN PACITAN.

 

BAB 1
KETENTUAN UMUM

 

Pasal 1

Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan :

a.     Pemerintah Daerah adalah Pemerintah Kabupaten Pacitan yang terdiri dari Bupati dan Perangkat Daerah sebagai Unsur Penyelenggara Pemerintahan Daerah;

b.     Kepala Daerah adalah Bupati Pacitan;

c.      Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang selanjutnya disingkat DPRD adalah Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah sebagai Unsur Penyelenggara Pemerintahan Daerah;

d.     Sekretariat Daerah adalah Sekretariat Daerah Kabupaten Pacitan;

e.     Sekretaris Daerah adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan;

f.        Perangkat Daerah adalah lembaga yang membantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah;

g.     Perangkat Daerah terdiri atas Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Dinas Daerah dan Lembaga Teknis Daerah, Kecamatan dan Kelurahan;

h. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Kabupaten Pacitan;

i.        Unit Pelaksana Teknis Dinas selanjutnya disingkat UPTD adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Kabupaten Pacitan;

j.        Jabatan Struktural adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam rangka memimpin suatu organisasi Pemerintahan;

k.      Jabatan Fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu kesatuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan ketrampilan serta bersifat mandiri.

 

B A B   II

                              KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

 

                                                           Pasal 2

(1)   Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merupakan unsur pelaksana bidang kependudukan dan catatan sipil  dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati  melalui Sekretaris Daerah;

(2)   Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  mempunyai tugas melaksanakan urusan kependudukan dan catatan sipil berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan;

(3)   Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), menyelenggarakan fungsi :

a.   Perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan catatan sipil;

b.   Penyelenggaraan urusan kependudukan dan catatan sipil serta pelayanan umum sesuai dengan lingkup tugasnya;

c.   Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan catatan sipil;

d.   Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Pasal 3

(1) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, terdiri  dari :

a.   Kepala Dinas;

b.   Sekretariat;

c.      Bidang Administrasi Kependudukan;

d.      Bidang Perkembangan Kependudukan, membawahi :

e.      Bidang Pencatatan Sipil;

f.        Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Kependudukan;

g.      Kelompok Jabatan Fungsional.

(2) Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, masing-masing Bidang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, masing-masing UPT dipimpin oleh seorang Kepala UPT yang berada di bawah dan  bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

 

                                                      B A B   III

                                   URAIAN TUGAS DAN FUNGSI

Bagian Pertama
Sekretariat
 
Pasal 4

(1)   Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di bidang ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, sarana dan prasarana, program, evaluasi dan pelaporan serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan tugas dan fungsinya;

(2)   Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi :

a.      Penyelenggaraan dan pengelolaan rumah tangga, sarana dan perlengkapan;

b.      Pelaksanaan surat-menyurat, kearsipan dan perpustakaan;

c.      Pembinaan dan pengembangan serta pengelolaan administrasi kepegawaian;

d.      Penyelenggaraan dan pengelolaan administrasi keuangan;

e.      Penyusunan program kerja dan laporan serta pelaksanaan evaluasi dan pengendalian.

 

Pasal 5

(1) Sekretariat, terdiri dari :

a.      Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

b.      Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan;

c.      Sub Bagian Keuangan.

(2) Masing-masing Sub Bagian  dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

 

Pasal 6

(1)    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

a.       Melaksanakan  pengelolaan surat-menyurat, tata  naskah dinas, tata kearsipan, urusan rumah tangga, keamanan kantor dan penyelenggaraan upacara,  pertemuan, rapat  dinas  dan kepustakaan;

b.       Melaksanakan tugas-tugas keprotokolan dan administrasi perjalanan dinas;

c.        Melaksanakan analisa kebutuhan dan pengadaan serta pengadministrasian perlengkapan kantor  dan perbekalan lain serta inventarisasi terhadap barang-barang;

d.        Melaksanakan penyusunan laporan pertanggungjawaban atas barang inventaris;

e.        Melaksanakan administrasi kepegawaian yang meliputi pengumpulan data kepegawaian, buku induk pegawai, mutasi, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pembinaan karier, pengurusan penghargaan dan kesejahteraan pegawai serta pensiun pegawai;

f.           Mengelola administrasi tentang kedudukan dan hak pegawai, menyusun administrasi dan evaluasi kepegawaian serta penyiapan bahan pembinaan pegawai;

g.        Menyiapkan dan mengusahakan peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan disiplin pegawai;

h.        Melaksanakan koordinasi pengembangan kualitas sumber daya aparatur dengan instansi pelaksana pendidikan dan pelatihan;

i.          Melaksanakan pengendalian dan evaluasi ketatausahaan, keprotokolan, rumah tangga, pengadaan dan kepegawaian;

j.           Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(2)  Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas :

a


Kembali

     
   
 
   

 

 

 
 
 
 
Powered by Pemkab Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+