Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menggelar jalan sehat di alun-alun kota, Minggu (29/10/2017). Gelaran olahraga santai itu ditujukan sebagai sarana sosialisasi pelaksanaan pilkada serentak. “Berperan aktif dalam tahapan dan pemungutan suara pemilu berarti ikut serta dalam pembangunan,” kata Bupati Indartato yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Menurut bupati pemilihan pemimpin, baik tingkat lokal, regional, maupun nasional menjadi salah satu syarat berlangsungnya proses pembangunan. Karena dari para pemimpin terpilih, muncul inovasi, kreasi, dan keputusan publik guna memajukan wilayah yang dipimpin.

Ketua KPU Pacitan Damhudi menjelaskan, gerak bersama yang dimaksud adalah menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pilkada. Dengan mengikuti semua tahapan dan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) saat pemungutan suara pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim pada 27 Juni 2018 nanti. “Tujuan utamanya adalah sosialisasi pilkada serentak seluruh Indonesia dengan tema gerak bersama,” jelasnya.

Lebih lajut Damhudi menegaskan, sosialisasi sekaligus ditujukan untuk pemilu legislatif yang akan digelar pada 17 April 2019. Sebab pelaksanaan tahapannya pun juga beriringan. “Tahapan yang kita lakukan memang bersamaan karena waktunya berurutan. Hanya saja tanggal pelaksanaannya yang berbeda,” tandas dia.

Gerak jalan sehat ini bukan agenda sesaat. Tapi sebagai pijakan untuk kedepan. Menyadarkan publik bahwa pemilu sebagai kedaulatan rakyat. “Pemberian suara adalah sesuatu yang sakral dalam negara demokrasi,” tandas Damhudi.

Kegiatan yang diikuti masyarakat umum, Forkopimda, organisasi perangkat daerah, perwakilan sekolah, perguruan tinggi, ormas, dan parpol ini menempuh rute di jalan-jalan protokol. Seperti Jalan A Yani, perempatan Penceng, Jalan DR. Soetomo, Jalan Veteran, Jalan Samanhudi, sebelum finish kembali di kawasan alun-alun. Bagi para peserta, pihak panitia juga menyediakan sejumlah hadiah undian. Diantaranya lemari es, mesin cuci, sepeda, dan lainnya. (arif/nasrul/tarmuji/pranoto/humaspacitan).