Pacitan – Aksi sosial dilakukan ratusan warga Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya di Kabupaten Pacitan. Tak kurang dari 800 peserta terdiri dari mahasiswa, rektorat, dosen, dan pendamping menggelar baksi sosial dan pengabdian masyarakat di Kecamatan Ngadirojo. Kegiatan sosial itu sendiri akan berlangsung mulai tanggal 5 hingga 7 Oktober.

“Kami akan memberikan penyuluhan dan pemberian bantuan bibit tanaman untuk 50 keluarga per desa dan 90 ekor bibit ayam kampung setiap desa,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Supriyono, Jum’at (6/10/2017).

Aksi Bedol kampus sendiri bukan hal asing bagi perguruan tinggi di Jalan Dukuh Kupang XXV/54 ini. Bulan Maret tahun 2014 lalu mereka juga melakukan hal serupa di yang dipusatkan di Desa Cokrokembang..

Bupati Indartato menyambut baik agenda UWK.  Terlebih product domestic regional brutto (PDRB) sebesar 30 persen adalah pertanian. Terkait program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), apa yang dilakukan universitas dengan delapan fakultas itu selaras dengan yang dimiliki Kabupaten Pacitan.

“Sekaligus untuk mengurangi kemiskinan. Angka kita masih 15 persen. Sedangkan Jatim 11 persen,” ucapnya saat menerima rombongan.

Untuk kegiatan pengabdian masyarakat tahun 2017 UWK membawa mahasiswa dari delapan fakultas. Yaitu fakultas teknik, pertanian, hukum, ilmu sosial dan politik, kedokteran, kedokteran hewan, serta fakultas bahasa dan sains. Mereka akan tersebar di enam desa yakni, Ngadirojo, Tanjungpuro, Bodag, Nogosari, Pagerejo, dan Bogoharjo. (Dav/ Riz/PS)