Siapa yang tahu jika Bupati Indartato pencinta bonsai. Meskipun hanya sekedar hobi namun sejak tahun 1984 Indartato merawat satu pohon berjenis Beringin (Ficus Benjamina) hingga kini. Itu Ia sampaikan saat berkesempatan membuka Pameran Bonsai Nasional Ke-2 bertema Pacitan Nyawiji di Alun-alun kemarin 13/03/19.

Pemerintah berkomitmen mendukung Pameran Bonsai, mengingat Kabupaten Pacitan memiliki banyak pohon yang bisa menjadi tanaman bonsai.  Prospek tersebut diharapkan menjadi ladang ekonomi baru masyarakat.

Kegiatan tersebut juga diharap Bupati menjadi wadah untuk bertukar pengalaman sehingga menambah pengetahuan serta sebagai ajang membentuk jaringan baru antar pelaku. “Namun saya berharap kepada masyarakat yang baru coba-coba, untuk berhati-hati dalam mengeksplorasi, jangan merusak,” harapnya.

Imam Daryono, Penasihat Perkumpulan Penggemar Bonsai  Indonesia (PPBI) Pacitan mengharap pemerintah terus mendukung sehingga kegiatan ini dapat kembali dilaksanakan di tahun-tahun selanjutnya. “Jika didukung kami akan menggelar pameran berskala Internasional,” kata Imam.

Ratusan peserta turut andil di Even yang masih rangkaian Hajatan 274 tersebut, mulai dari Jakarta, Purworejo, Cianjur, Madiun, Ponorogo, Wonosari dan lain-lain yang terbagi dalam 3 kelas, yakni Prospek, Bakalan dan Belum Jadi. (budi/anjar/riyanto/wira/DiskominfoPacitan).