Pacitan – Bupati Indartato tekankan pentingnya akses pangan. Hal ini dimaksudkan agar pangan yang tersedia dapat sampai ketangan masyarakat. Baik dari segi harga maupun penyaluran.

“Harus ada pengawasan bagi pemanfaatan pangan, dengan demikian kasus dan angka gizi buruk dapat ditekan”, ungkap Bupati Indartato saat membuka rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Pacitan di gedung Karya Dharma, Rabu (7/2/2018).

Lebih lanjut bupati menjelaskan pangan merupakan hak asasi . Untuk itu jika tidak tercukupi, akan berdampak luas dan memicu bencana kelaparan. Sebaliknya dengan pangan yang cukup akan menghasilkan sumberdaya manusia unggul.

“ Ketersedian pangan merupakan hak dasar manusia yang harus terpenuhi. Sehingga menjadi salah satu kewajiban pemerintah untuk menjamin ketersediaannya”, lanjut bupati.

Lebih lanjut Bupati Indartato menyatakan, meski masalah pangan ujung tombak ada pada Dinas Pertanian namun tidak serta merta bertanggung jawab secara keseluruhan. Perlu kerja bareng dengan instansi terkait lainnya guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Sebab dalam proses pemenuhannya juga memerlukan sarana pendukung. Seperti akses jalan, pengairan, atau pasar. (riz/ps)