Panji-panji Hari Jadi ke-77 atau Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Bea Hari Jadi Provinsi Jawa Timur memasuki Kabupaten Pacitan. Di titik ke-21 tersebut hujan terus mengguyur Kabupaten Pacitan hari, namun nampak tidak menyurutkan semangat HUT Jatim dengan slogannya Optimis Jatim Bangkit.

Setibannya di Pendopo Kabupaten Pacitan, Kirap Pataka disambut dengan penampilan kesenian Rontek Pacitan. Robongan diterima langsung oleh Wakil Bupati Pacitan Gagarin bersama unsur Forkopimda.

Selain pataka, rombongan juga membawa ripta prasasti. Prasasti yang ditulis di atas daun lontar itu dibacakan oleh setiap kepala daerah yang menerima kedatangan kirab.

Sebelumnya Pataka Hari Jadi melewati sekaligus diserahkan kepada Pemkab Trenggalek, direncanakan usai dari Pacitan Pataka Jer Basuki Mawa Bea akan melanjutkan perjalannya secara estafet ke kabupaten Ponorogo dan berlanjut hingga genap 38 kabupaten dan kota.

Rangkaian Hari Jadi Jatim ke-77 ini telah dimulai dan dilepas langsung dari titik Nol Jatim oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, kemarin pada 16 September kemarin dan diperkirakan Pataka HUT 77 Jatim menempuh jarak sejauh 2000 Kilometer sebelum kembali pada 11 Oktober mendatang.

Kirab Jer Basuki Mawa Bea tersebut diharapkan menjadi momentum bagi seluruh warga Jawa Timur untuk kembali optimis bangkit. Sedangkan Pataka mengandung arti sebuah keberhasilan memerlukan pengorbanan.
(PemkabPacitan).

 

WhatsApp chat