Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyalurkan bantuan program Grindulu Mapan berupa Kambing dan Peralatan usaha kepada 6 Kepala Keluarga (KK) miskin Desa Ngumbul, Kecamatan Tulakan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pacitan, Drs. Sanyoto, MM mengatakan, program bantuan ternak dan peralatan usaha ini diharapkan mampu menumbuhkan usaha ekonomi produktif utamannya kaum perempuan. “Dari hasil pengelolaan Basis Data Terpadu, kita peroleh data keluarga sasaran, yaitu masyarakat tidak mampu yang memiliki potensi untuk diberdayakan, dari situ kemudian kita beri pelatihan usaha, baik itu peternakan maupun pembuatan aneka kue dan makanan khas,” tukas Sanyoto. Rabu (20/12/2017), usai menyalurkan bantuan ternak dan peralatan pembuat kue di Balai Desa Ngumbul.
Diakui Sanyoto, penyaluran program ini menyasar pada keluarga miskin utamanya mereka yang berstatus Janda. “Kita harapkan mereka bisa lebih produktif, dari hasil pelatihan yang sudah kita lakukan kita harapakan bantuan tersebut sesuai dengan apa yang mereka inginkan, jadi benar-benar bisa tepat sasaran,” Jelasnya.
Seperti diketahui, KRTP penerima manfaat kegiatan pelatihan perempuan di Perdesaan dalam usaha ekonomi produktif program grindulu Mapan di Desa Ngumbul ini berupa 11 ekor kambing, 3 Paket kandang dan 1 Paket peralatan pembuat kue. (ngumbul.kabpacitan.id)

WhatsApp chat