Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengikuti kegiatan Pemaparan Rencana Aksi (Renaksi) Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) tahun 2022-2024 yang diprakarsai oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri RI, via zoom meeting bertempat di ruang Vidcom Pemkab Pacitan, Selasa (05/10).

Kegiatan yang dihadiri secara virtual oleh Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan BPSDM Kemendagri RI Dr. Belly Isnaeni, S.H, M.H. ini merupakan kelanjutan rangkaian dari diklat kepemimpinan bagi Bupati/Wakil Bupati hasil pemilihan tahun 2020.

Dalam kesempatan paparannya, Bupati Aji menyampaikan bahwa pengembangan SDM di Kabupaten Pacitan sejalan dengan visi misi Presiden dan tentu saja visi misi Bupati dalam RPJMD Kab Pacitan th 2021-2026.

 

Terkait pengembangan SDM tersebut, ada  4 isu strategis yang disampaikan. Pertama, prioritas penyelanggaran diklat dan pengembangan kompetensi pada sektor unggulan Kabupaten Pacitan dan pelayanan publik. Kedua, Peningkatan kapasitas Saranaprasarana dan mendorong penggunaan Teknologi Informasi dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Ketiga, Penyelerasan kebijakan kepala daerah terkait pengembangan SDM dengan regulasi yang ada; dan Kempat, Pengembangan Sumber Daya Aparatur satu pintu di BKPSDM.

Pengembangan kompetensi SDM ini lanjut Bupati Aji, difokuskan pada 2 unsur yaitu pengembangan SDM aparatur dan pengembangan SDM masyarakat.

“Untuk pengembangan SDM aparatur, dititik beratkan pada pelayanan publik sedangkan SDM masyarakat diprioritaskan kepada sektor unggulan supaya menjadi penggerak ekonomi lokal sebagaimana yg disebutkan dalam isu strategis pada renaksi tersebut,” tandasnya.

Lebih jauh dijabarkan, dalam renaksi disampaikan bahwa sasaran dari pengembangan SDM aparatur diantaranya yaitu meningkatnya layanan publik yg inovatif, terwujudnya birokrasi yg akuntabel dan transparan dan meningkatnya kemandirian desa. Sedangkan pengembangan SDM masyarakat mempunyai sasaran diantaranya meningkatnya kualitas sumber daya manusia dan meningkatnya daya saing pariwisata.

Terakhir dari renaksi pengembangan SDM tersebut diberikan rekomendasi supaya ada dukungan baik pemerintah pusat maupun propinsi untuk menjadikan Kabupaten Pacitan tempat pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, memfasilitasi pelaksanaan renaksi tersebut khusunya penyediaan pelatih, tenaga fasilitator dan narasumber. (Diskominfo Pacitan)

WhatsApp chat