Kerjasama Layanan Perpusda dengan RSUD dr. Darsono Pacitan akhirnya bisa terealisasi setelah sebelumnya sudah beberapa kali bertemu untuk melaksanakan koordinasi kerjasama di antara keduanya. Tepat tanggal 30 Juli 2018 bertempat di salah satu ruang tunggu pelayanan RSUD dr. Darsono untuk pertama kalinya Pojok Baca dibuka dan diresmikan. Launching ini dihadiri oleh dr. Imam Darmawan, M. Kes (Direktur RSUD dr. Darsono), Mamik Sulih Rahmanto, SKM, MM (Kabid Pengembangan RSUD dr. Darsono), Suyatmi, SKM., M.Si (Kasi Informasi & Pengaduan RSUD dr. Darsono), Warito, S.H (Kadin Perpusda), Edi Sukarni, S.Sos, M.Pd(Kabid Layanan&Koleksi), Nurhadi (Kabid Pembinaan), Daimah(Kasi Koleksi), Joko Wahyudi (Kasi Layanan&Otomasi), para staff Bidang Layanan & Koleksi Dinas Perpustakaan, para staff RSUD dr. Darsono Pacitan, dan para pengunjung yang sedang menunggu layanan di ruang tunggu pelayanan rumah sakit.
Sesuai kesepakatan bahwa pengadaan buku bacaan dibawakan oleh pihak Dinas Perpustakaan pada saat Launching. Dan peletakan buku pertama di dalam rak yang sudah tersedia dilakukan oleh Warito, S.H bersama dengan dr. Imam Darmawan, M. Kes sebagai perwakilan dari masing-masing kedua belah pihak.
Suyatmi, SKM., M.Si menyampaikan kepada pengunjung yang hadir “ Bapak Ibu sekalian, monggo dilihat di samping kanan Bapak Ibu tersedia rak yang isinya buku bacaan, ada buku tentang keagamaan, kesehatan dan lain sebagainya. Buku bacaan tersebut disediakan untuk Bapak Ibu sekalian untuk mengurangi kejenuhan saat menunggu layanan dan untuk menambah ilmu nggih ”.
Dalam kesempatan tersebut Mamik Sulih Rahmanto, SKM, MM dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Perpustakaan Pacitan atas kerjasamanya karena mampu mendukung fasilitas yang ada di RSUD dr. Darsono dalam hal ini adalah pengadaan buku bacaan sejumlah 250 buku yang diletakkan di Pojok Baca ruang tunggu Pelayanan Poly RSUD dr. Darsono Pacitan.
Kami sempat mewancarai salah seorang pengunjung yang sedang menunggu antrian di ruang tunggu Layanan RSUD dr. Darsono yakni Harsini. Ibu tersebut setiap bulan harus melakukan rawat jalan. Launching “Pojok Baca” ini diapresiasi dengan baik oleh Harsini yang ternyata seorang pensiunan PNS. Dalam wawancara tersebut, Ibu yang saat itu mengenakan jilbab warna hitam berkata bahwa “ Tadi saya kira ada apa kok rame-rame pakai baju drill. Saya amati ada lemari yang isinya buku-buku. Ternyata mereka membuka perpustakaan kecil di sini. Ya Alhamdulillah kebetulan saya senang membaca, jadi sembari menunggu antrian, saya bisa baca-baca biar ndak bosen”.
“Pengadaan buku bacaan Pojok Baca di RSUD dr. Darsono Pacitan akan kami updates atau diperbaruai secara berkala tiap 3 bulan sekali” demikian penjelasan Kepala Bidang Layanan dan Koleksi, Bpk. Edi Sukarni, S.Sos.M.Pd.
Bagi pengunjung yang ingin meminjam buku bacaan yang sama dengan buku bacaan di Pojok Buku RSUD dr. Darsono dapat meminjam langsung di Dinas Perpustakaan Pacitan dengan mendaftar sebagai anggota Perpustakaan, dikarenakan sesuai aturan yang berlaku di Pojok Baca bahwa pengunjung di ruang tunggu layanan rumah sakit hanya dapat membaca buku yang ada tanpa diperkenankan untuk membawa pulang buku bacaan tersebut. (Penulis : Ryu Surya / Video Editing : Nisha Ayu / Doc. Video : Ryu Surya, Nisha Ayu Dinas Perpustakaan Pacitan & Mia RSUD dr. Darsono Pacitan / Dinas Perpustakaan Pacitan )

(DiskominfoPacitan)